KELOMPOK 1

  1. Manfaat ilmu ekonomi regional ditinjau dari sudut pemerintah potensi: pemerintah pusat ?

Jawab :

dapat melihat daerah mana yang lebih unggul dibandingkan wilayah lain sehingga dapat dijadikan sebagai daerah d engan tingkat basis regional yang lebih tinggi.

Potensi: masing –amasing wilayah emmiliki potensi yangberbeda dan bisa dimanfaatkan untu menetapkan skala prioritas yangebrbeda untuk masing2 wilayah

 

Manfaat Ilmu Ekonomi Regional :

  • Manfaat Makro bertalian dengan bagaimana pemerintah pusat dapat menggunakannya untuk mempercepat laju pertumbuhan keseluruhan wilayah. Contoh ditinjau dari sudut pemerintah pusat masing-masing wilayah memiliki potensi yang berbeda. Dari sudut potensi, masing-masing wilayah memiliki keunggulan komparatif yang berbeda dan bias dimanfaatkan untuk menetapkan skala prioritas yang berbeda untuk masing-masing wilayah. Dari sudut tingkat pendapatan, masing-masing wilayah memiliki tingkat pendapatan yang berbeda. Wilayah dengan tingkat pendapatan rendah memiliki MPC (Marginal Propensity to Consume) yang tinggi. Hal ini dapat digunakan untuk meningkatkan efek pengganda (Multiplier Effec) dari pengeluaran pemerintah pusat.

 

  • Manfaat Mikro, yaitu bagaimana IER dapat membantu perencana wilayah menghemat waktu dan biaya dalam proses menentukan lokasi suatu kegiatan atau proyek. Contoh IER membantu perencana wilayah dalam menentukan di bagian mana suatu kegiatan proyek itu sebaiknya dibangun, tetapi tidak sampai menunjuk lokasi konkrit proyek tersebut (yang dilihat yaitu di wilayah mana yang memiliki keunggulan komparatif).

 

2.      Apa Pengertian ekonomi regional ?

Ekonomi regional adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang menjelaskan tentang perbedaan antra potensi satu wilayah dengan wilayah lain. lmu ekonomi regional bermanfaat untuk membantu perencana wilayah menghemat waktu dan biaya dalam memilih lokasi.

3.      Apa tujuan ilmu regional

    1. Full emplyoement
    2. Pertumbuhan ekonomi
    3. Stabilitas harga

Jawab : Ferguson (1965), mengatakan bahwa tujuan utama kebijakan ekonomi adalah :

1. Full Employment, setidak-tidaknya dengan tingkat pengangguran rendah menjadi tujuan pokok pemerintahan pusat maupun daerah. Atau setidak-tidaknya tingkat pengangguran yang rendahmenjadi tujuan pokok pemerintahan pusat maupun daerah. Dalam kehidupan bermasyarakat,pekerjaan bukan saja berfungsi sebagai sumber pendapatan, tetapi sekaligus jugamemberikan harga diri/status bagi yang bekerja

2. Economic Growth, akan menyediakan lapangan kerja bagi angkatan kerja baru, juga diharapkan dapat memperbaiki kehidupan manusia atau peningkatan pendapatan. karena selain menyediakan lapangankerja bagi angkatan kerja baru, juga diharapkan dapat memperbaiki kehidupan manusia ataupeningkatan pendapatan. Tanpa perubahan, manusia merasa jenuh atau bahkan merasa tertinggal.

3. Price Stability, untuk menciptakan rasa aman dalam masyarakat. untuk menciptakan rasa aman/tentram dalampersaan masyarakat. Harga yang tidak stabil membuat masyarakat merasa waswas,misalnya apakah harta atau simpanan yang diperoleh dengan kerja keras, nilainya riil atau bermanfaat dikemudian hari.

Selain itu ekonomi regional juga bermanafaat sperti :

  • Terjaganya kelestarian hidup
  • Pemerataan pembangunan dalam wilayah
  • Penetapan sector unggulan wilayah
  • Membuat keterkaitan antarsektor yang lebih serasi dalam wilayah, sehingga menajdi lebih bersinergi dan berkesinambungan 8. Pemenuhan kebutuhan pangan wilayah

 

 

Kelompok II

 

Soal dan Jawaban untuk Aplikasi MRT (Mass Rapid Transportation) Jakarta

1.      Apa itu MRT?

MRT adalah singkatan dari Mass Rapid Transit yang secara harafiah berarti angkutan yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah besar secara cepat. Bentuk MRT yang akan dibangun di Jakarta adalah kereta api listrik yang memiliki lintasan layang, lintasan di atas tanah, dan lintasan bawah tanah.

2.      Apa tujuan dibangunnya MRT?

  • Untuk mengurangi kemacetan di Jakarta yang akan diramalkan akan macet total pada tahun 2020.
  • Mengurangi kerugian ekonomi (meliputi:  nilai waktu, biaya bahan bakar dan biaya kesehatan) akibat kemacetan lalu lintas di Jakarta.
  • Mengurangi polusi udara. Polusi udara akibat kendaraan bermotor memberi kontribusi 80 persen dari polusi di Jakarta. MRT Jakarta digerakan oleh tenaga listrik sehingga tidak menimbulkan emisi CO2 diperkotaan.
  • Untuk transportasi/mobilitas yang lebih andal, terpercaya, aman, nyaman, terjangkau dan lebih ekonomis bagi warga kota Jakarta.

Soal dan Jawaban untuk Teori (Pertumbuhan Ekonomi Regional)

3.      Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi wilayah?

Pertumbuhan ekonomi wilayah adalah pertambahan pendapatan masyarakat secara keseluruhan yang terjadi di wilayah tersebut, yaitu kenaikan seluruh nilai tambah (added value) yang teradi.

4.      Apa beda teori basis antara yang dikemukakan Tiebout dengan yang dikemukakan Richardson?

Perbedaan pandangan antara Richardson dan Tiebout dalam teori basis adalah Tiebout melihatnya dari sisi produksi sedangkan Richardson melihatnya dari sisi pengeluaran. Teori basis ekspor adalah teori yang paling sederhana dan memberikan landasan yang kuat bagi studi pendapatan regional walaupun dalam kenyataannya perlu dilengkapi dengan kebijakan lain agar bisa digunakan sebagai pengatur pembangunan wilayah komprehensif.

  1. 5.      Apa kelemahan dari Teori Basis Richardson?
    1. Menurut Richardson besarnya basis ekspor adalah fungsi terbalik dari besarnya suatu daerah. Artinya semakin besar suatu daerah, ekspornya semakin kecil apabila dibandingkan total pendapatan, demikian pula impornya.
    2. Ekspor jelas bukan satu-satunya factor yang bisa meningkatkan pendapatan daerah. Ada banyak unsur lain yang dapat meningkatkan pendapatan daerah seperti bantuan dari pemerintah pusat, investasi dari luar dan peningkatan produktivitas masyarakat.
    3. Dalam studi atas suatu wilayah maka multiplier basis yang diperoleh adalah rata-ratanya bukan perubahannya.
    4. Beberapa pakar berpendapat bahwa apabila pengganda basis digunakan sebagai alat proyeksi  maka masalah time-lage (masa tenggang) harus diperhatikan. Masa tenggang berarti penggandaan tidak berlangsung secara cepat, yaitu dibutuhkan waktu antara terjadinya kenaikan ekspor (sector basis) dengan respon sector nonbasis. Ada pakar mengatakan hal ini dapat diatasi dengan menghitung pengganda basis menggunakan data time-series selama tiga sampai lima tahun.
    5. Ada studi lainnya yang menunjukkan bahwa ada wilayah yang tepat berkembang pesat walaupun ekspor wilayah relatif kecil. Pada umumnya hal ini hanya dapat terjadi di wilayah yang terdapat banyak ragam kegiatan dan satu kegiatan saling membutuhkan terhadap produk dari kegiatan lainnya. Jadi dalam hal ini tercipta suatu pasar yang tertutup tetapi dinamis.

 

 

 

KELOMPOK 3

  1. 1.      Mengapa kegiatan non basis tidak dapat meningkatkan atau mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah?

Jawab :

Karena sifat dari kegiatan non basis ini hanya memenuhi kebutuhan local, dimana permintaan sector ini sangat dipengaruhi oleh tingkat pendapatan masyarakat setempat. Dengan demikian sector ini terikat pada kondisi ekonomi setempat dan tidak bisa berkembang melebihi pertumbuhan ekonomi wilayah.

 

  1. 2.      Komoditi seperti apa yang dimiliki tingkat kebasisan yang tinggi?

Jawab : apabila sudah lama sebagai komoditi ekspor, volumenya juga cukup besar dipasarkan ke berbagai Negara dan ekspor itu berkelanjutan maka komoditi itu harus dianggap memiliki tingkat kebasisan yang tinggi. Maka makin luas wilayah pemasaran suatu produk, pasarnya makin  tidak mudah jenuh, yang berarti tingkat kebasisannya makin tinggi.

 

  1. 3.      Sebutkan kelemahan dalam memilah kegiatan non basis dan kegiatan basis !
  2. a.         Metode Langsung

(+) Datanya lebih akurat

(-) Tidak efisiennya dari sudut waktu dan biaya

  1. b.         Metode Tidak Langsung

(+) Data berasal dari BPS, waktu dan biaya lebih efisien

(-) Terkadang data tidak tersedia dan dapat terjadi kesalahan

  1. c.         Metode Campuran

(+) Pada awalnya dilakukan pengumpulan data dan kemudian dilakukan survey langsung agar data lebih akurat

(-) Membuang waktu 2 kali karna melakukan penelitian 2 kali

  1. Metode Location Quotient

(+) Merupakan metode tidak langsung, sehingga lebih menghemat waktu dan biaya

(-) Dapat menimbulkan perhitungan ganda (double – counting) pada saat menghitung banyaknya pekerja di suatu wilayah

 

  1. 4.      Apa dampak positif dari pembangunan Citarete di Sukabumi?

Jawab :

  • terbukanya peluang ekonomi  dan meningkatnya taraf pendidikan di bidang pariwisata dan bahasa
  • bertambahnya devisa untuk pemerintahan kota sukabumi

 

  1. 5.      Apa tujuan dari pembangunan Citarete di Sukabumi?

Jawab :

  • sebagai salah satu wujud pengembangan Pusat Kegiatan Nasional(PKN) pelabuhan ratu
  • mempermudah wisatawan menjangkau daerah-daerah wisata di kawasan jabar selatan. Bandara citarete ini akan menjadi pemerata bagi pembangunan sukabumi.

Kelompok 4

  1. 1.      Bagaimana perkembangan pembangunan ekonomi saat ini dan apakah pemerintah sudah berperan efektif dalam pembangunan ekonomi ?

Jawab :

  1. perkembangan pembangunan ekonomi saat ini telah menunjukkan perkembangan yg  lebih baik. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin bertambahnya jumlah UKM setiap tahunnya. Usaha skala kecil dan menengah (UKM) di negara berkembang hampir selalu merupakan kegiatan ekonomi yang terbesar dalam jumlah dan kemampuannya dalam menyerap tenaga kerja. Begitu pula dengan kondisi yang ada di Indonesia, meskipun dalam ukuran sumbangan terhadap PDB belum cukup tinggi, sektor ini dapat tetap menjadi tumpuan bagi stabilitas ekonomi nasional. Saat ini pun masyarakat di dorong untuk dapat berwirausaha agar dapat membangun perekonomian yang semakin lebih baik serta di harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

  1.  peran pemerintah belum efektif dalam pembangunan ekonomi. Hal ini terlihat dari tidak meratanya pembangunan di seluruh daerah. Kegiatan ekonomi dan fasilitas public hanya berada di daerah pusat seperti pulau Jawa sedangkan untuk pulau sumatera, Kalimantan, Sulawesi dll belum ada kegiatan ekonomi yang cukup mendukung sehingga banyak pula masyarakat yang berurbanisasi ke pulau Jawa. Dalam hal pendidikan pun belum sepenuhnya merata. Banyak daerah-daerah terpencil yang kondisi pendidikannya sangat memprihatinkan.

 

  1. 2.      Apa yang membedakan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi ?

Jawab : Perbedaan antara keduanya adalah pertumbuhan ekonomi keberhasilannya lebih bersifat kuantitatif, yaitu adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan, sedangkan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif, bukan hanya pertambahan produksi, tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input pada berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembagapengetahuansosial dan teknik. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.

 

  1. 3.      Mengapa pembangunan jalan tol ini prosesnya terlalu cepat dan apakah jalan tol ini dapat bertahan lama ?

Jawab : Pembangunan jalan tol ini selain bertujuan untuk mengatasi kemacetan di bali juga bertujuan untuk menyambut APEC yang akan dilaksanakan pada tahun 2013. Jadi, memang prosesnya terlalu cepat yang hanya memakan waktu kurang lebih 14 bulan tetapi pemerintah telah merancang konstruksi dalam pembangunan tol ini secara matang.

  1. 4.      Apa sajakah tantangan dalam pembangunan ekonomi Di indonesia ?

Jawab :  Tantangan utama pembangunan ekonomi nasional adalah bagaimana memberdayakan masyarakat dan seluruh kekuatan ekonomi nasional, terutama pengusaha kecil, menengah dan koperasi, dengan mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan. Sistem ini mensyaratkan adanya partisipasi yang luas dari seluruh masyarakat, baik dalam proses pembangunan ekonomi itu sendiri, maupun dalam menikmati hasil-hasilnya.

 

  1. 5.      Apa dampak negatif dari pembangunan ekonomi ?

Jawab :

  • Adanya pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan hidup.
  • Industrialisasi mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian.
  • Menipiskan sifat gotong royong masyarakat di Negara berkembang
  • Mendorong orang bersifat mementingkan diri sendiri.
  • Mendorong pola hidup masyarakat lebih komsumtif.
  • Pembangunan ekonomi yang tidak di arahkan akan menimbulkan kerusakan pada sendi-sendi kehidupan manusia, seperti agama, moral dan kebudayaan.

 

 Kelompok 5

  1. Tiwi (Kelompok 10)

Pertanyaan       : Langkah apa saja yang perlu ditempuh untuk meningkatkan pendapatan                                daerah?

Jawaban           : Perlu mendorong pertuumbuhan dari sector-sektor yang hasil produksinya dapat                   dijual keluar daerah atau mendatangkan uang dari luar daerah, terutama ekspor                                   ke luar negeri, harus meningkatkan prasaran dan sarana perhubungan yang lebih                    baik dan lancer agar mempermudah arus masuk dan keluar orang dan barang,                                 serta diusahan adanya investasi.

 

  1. Lydia (Kelompok 7)

Pertanyaan       : Parameter apa saja dalam meningkatkan pendapatan wilayah?

Jawaban           : Parameter yang digunakan seperti meningkatnya pendapatan masyarakat,                                meningkatkan lapangan kerja, dan pemerataan pendapatan yang juga                                                   berkaitan dengan pendapatan wilayah.

 

  1. Mellisa (Kelompok 1)

Pertanyaan       : Harga tiket untuk kereta api super cepat itu kan mahal, lalu bagaimana cara                                         pemerintah untuk mensejahterakan para masinis kereta api (KRL) yang biasa                                      sudah berjalan jika nantinya ada kereta api super cepat?

Jawaban           : Pangsa pasar yang dituju oleh kereta api super cepat itu yaitu untuk orang-                              orang yang memang berkepentingan, seperti para pebisnis atau orang-orang                               yang memang memerlukan waktu yang lebih singkat dalam menuju ke                                                 Surabaya dari Jakarta. Jadi, sekalipun nanti aka nada kereta api super cepat,                                         maka kereta api yang sudah berjalan saat ini tetap akan berjalan. Dan masinis                                  kereta api pun juga tidak akan berpengaruh.

 

  1. Era (Kelompok 10)

Pertanyaan       : Apa alasan pemerintah membangun kereta yang rutenya Jakarta-Surabaya?                                      Bagaimana jika nantinya kereta api super cepat ini kurang diminati?

Jawaban           : Alasannya karena Jakarta dan Surabaya merupakan dua kota yang menjadi                                      pusat perekonomian di Indonesia. Untuk mempermudah dan mempersingkat                                    waktu para  pebisnis yang ingin bolak-balik Jakarta-Surabaya, maka kereta api                                   super cepat inilah jawabannya. Selain itu, dengan adanya kereta api super                                     cepat ini juga akan menghidupkan beberapa wilayah yang dilewati oleh kereta                             ini, seperti Cikampek, Brebes, Semarang.

 

  1. Dina (Kelompok 11)

Pertanyaan       : Apakah ada dana yang disediakan oleh pemerintah untuk mengganti rugi                             wilayah yang nantinya terkena penggusuran? Lalu pertanyaan kedua.                                                 Bagaimana pelayanan kereta api super cepat ini?

Jawaban           : Untuk dana itu sudah pasti pemerintah menyediakannya untuk menggati rugi                                   wilayah-wilayah yang nantinya akan terkena dampak penggusuran. Namun                           untuk nominal nya berapa kami masih belum mendapatkan data yang relevan.                                 Karena perencanaan ini masih sangat lama untuk dijalankan, sekitar tahun                              2025. Sedangkan untuk pelayanan kereta api super cepat ini akan semaksimal                                     mungkin melayani para penumpangnya dengan baik. Terlebih lagi dengan harga                                  tiket yang tidak murah, jadi sudah pasti pelayanannya pun akan lebih special                               dari kereta-kereta api yang biasa.

 

  1. Ramanda (Kelompok 7)

Pertanyaan       : Kereta api super cepat ini menggunakan aliran listrik, bagaimana cara                                                penanggulangan jika suatu saat ada masalah atau kendala?

Jawaban           : Jika ada masalah dalam hal tehnik, misalnya listrik padam, kereta ini akan                            menyediakan cadangan aliran listrik atau cadangan pembangkit yang lain.                               Namun, padam listrik ini akan seminimal mungkin diminimalisir. Karena aliran                                    listrik yang digunakan kereta api super cepat ini berbeda dengan aliran listrik                                      yang digunakan oleh rumah tangga, atau yang lainnya.

 

 

Kelompok  6

  1. Bagaimanakan menurut Saudara peran wilayah nodal dalam perdagangan barang dan jasa?

 

Jawaban :

Dalam wilayah nodal, pertukaran barang dan jasa secara intern di dalam wilayah tersebut merupakan suatu hal yang mutlak harus ada. Biasanya daerah belakang akan menjual barang-barang mentah (raw material) dan jasa tenaga kerja pada daerah inti, sedangkan daerah inti akan menjual ke daerah belakang dalam bentuk barang jadi.

 

  1. Apa manfaat mengetahui teori lokasi?

Jawaban:

  1. Dengan mengungkapkan lokasi suatu tempat atau wilayah, dapat diketahui tentang potensi daerah yang bersangkutan secara lebih jauh. keadaan alam, penduduk, transportasi, dan komunikasi.
  2. Dengan diketahuinya lokasi, akan dapat dianalisis apakah daerah tersebut  adalah  daerah  sentral ataukah  ada pada  daerah  terpencil.
  3. Dengan demikian dapat dinilai keterbelakangan dan kemajuan daerah  yang bersangkutan, juga  hubungan daerah  tersebut  dengan  daerah sekitarnya.

 

  1. Apa pengertian aglomerasi?

Jawaban: Aglomerasi adalah gabungan, kumpulan dua atau lebih pusat kegiatan, tempat pengelompokan berbagai macam kegiatan dalam satu lokasi atau kawasan tertentu.

Aglomerasi adalah gabungan, kumpulan dua atau lebih pesat kegiatan, tempat pengelompokan berbagai macam kegiatan dalam satu lokasi atau kawasan tertentu.

–        Teori aglomerasi menyatakan bahwa perluasan areal kegiatan industry cenderung akan mengarah ke pusat kota yang terbesar. Fenomena ini terkait dengan konsep kutub pertumbuhan, bahwa pertumbuhan ekonomi yang cepat memerlukan konsentrasi aneka ragam kegiatan yang saling berhubungan di beberapa pusat yang terbesar.

–        Pemilihan lokasi industry lebih cenderung ke areal yang telah ada fasilitas-fasilitas pendukung, yaitu areal aglomerasi.

–        Lokasi yang terkonsenterasi akan menimbulkan beberapa penghematan :

(1)    Penghematan yang diperoleh industry sejenis atau industry yang mempunyai hubungan satu sama lain, (misalnya industry pemintalan, tenun,dan finishing mempergunakan tenaga yang tidak berbeda).

(2)    Penghematan yang diperoleh perusahaan individual yang berlokasi diperkotaan, karena infrastruktur yang telah berkembang pesat, (seperti jalan raya, pelabuhan laut dan udara, telekomunikasi, daerah pertokoan, lembaga diklat, penelitian dan lembaga jasa lainnya).