Jenis-jenis obligasi :

  • debentures
  • subordinates debentures
  • mortgage bonds
  • euro bonds
  • zero and very low coupon bonds
  • junk bonds

Definisi nilai :

  • nilai buku : nilai aktiva yang diperliahtkan pada laporan neraca perusahaan yang mengagambarkan biaya histories aktiva daripada nilai pasar sekarang atau nilai pengganti.
  • nilai likuidasi : jumlah uang yang diterima jika aktiva dijual secara individu dan bukan bagian dari perusahaan
  • nilai pasar : nilai yang berlaku di pasar.
  • nilai intrinsic atau ekonomis : nilai sekarang arus kas masa depan aset yang diharapkan.

Nilai sebuah asset adalah sama dengan nilai sekarang atas tingkat pengembalian yang diharapkan di masa depan (expected future cash flow), dimana cahs flow ini didiskontokan ke masa kini dengan menggunaan required rate of return.

Komponen dalam menghitung nilai obligasi :

ü  Jumlah dan waktu arus kas yang akan diterima

ü  Tanggal jatuh tempo obigasi

ü  Required rate of return

Penilaian Obligasi : Lima Hubungan Penting

  1. Nilai obligasi berbanding terbali dengan perubahan investor required rate of return (tingkat bunga). Atau ketika suku bunga meningkat, nilai obligasi menurun. Hal ini disebabkan pembayaran bunga dan nilai par dari obligasi bersifat tetap sehingga required rate of return yang tinggi dari investor dapat dicapai dengan cara membayar harga yang lebih rendah untuk obligasi tersebut.
  2. nilai pasar dari obligasi akan lebih kecil dari nilai parnya jika required rate of return investor lebih besar dari bunga obligasi (terjadi discount), dan sebaliknya.
  3. Semakin dekat tanggal jatuh tempo, nilai pasar obligasi akan semakin mendekati nilai parnya.
  4. Obligasi jangka panjang memiliki risiko tingkat suku bunga (interest rate risk) yang lebih besar dibandingkan obligasi jangka pendek. Hal ini disebabkan pemegang obligasi jangka panjang akan terkunci terhadap perubahan suku bunga.
  5. Sensitivitas obligasi terhadapa perubahan suku bunga tidak hanay tergantung pada lamanya waktu jatuh tempo tetapi juga pola arus kas yang dihasikan obligasi tersebut.

Durasi : ukuran tingkat reaksi harga obligasi terhadap perubahan rsuku bunga. Juga waktu jatuh tempo rata-rata tertimbang tiap tahun adalah nilai sekarang arus kas untuk tahun itu.

PENILAIAN SAHAM

Saham preferen adalah sekuritas hybrid yang memiliki karakteristik saham biasa dan obligasi. Sama dengan saham biasa karena tidak memiliki tanggal jatuh tempo, tidak membayar dividen bukan berarti bangkrut, dan dividen tidak deductible sedangka sifat obligasi adalah jumlah obigasi yang terbatas. Sedangkan saham biasa menunjukkan kepemilikan perusahaan.

Penilaian saham : – dividen discount model

–  P/E Ratio